NEGERI UJUNG UTARA

NEGERI UJUNG UTARA
PWI REFORMASI

Jumat, 07 Oktober 2011

Disdik Bantah Sunat Dana Bagus

Disdik Bantah Sunat Dana Bagus


RANAI- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Natuna membantah telah memotong dana bantuan gratis untuk siswa (Bagus) yang digunakan untuk pengadaan lembaran kerja siswa (LKS) tahun 2011.  Disdik beralasan, semua pemanfaatan dana Bagus disesuaikan dengan kebutuhan siswa yang sudah disepakati antara pihak sekolah, komite sekolah dan orang tua murid. 

" Itu tidak benar. Dinas pendidikan tidak pernah memotong apapun yang menyangkut penyaluran dana Bagus tahun 2011. Dinas Pendidikan juga tidak menyediakan buku LKS maupun buku-buku penunjang pembelajaran lainnya," ujar Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna Tukino yang dihubungi, Jumat (7/10).

Dinas Pendidikan, lanjut Tukino, tidak akan bertanggung jawab jika ada pihak-pihak yang menyalurkan LKS atau buku penunjang pembelajaran lainnya mengatas namakan Dinas Pendidikan.  " Intinya kami tidak menyediakan LKS. Untuk itu, diharapkan semua sekolah bisa memahami itu. Jika  memang ada ditemukan di lapangan mengatas namakan Diknas mohon segera memberi tahu kami," katanya.

Menurut Tukino yang baru saja menjabat sebagai Kepala Bidang Pendidikan Menengah di Dinas Pendidikan itu, dana Bagus adalah hak siswa dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan siswa dalam rangka peningkatan mutu pendidikan  seperti memenuhi kebutuhan buku penunjang belajar mengajar, membeli pakaian seragam, sepatu, buku tulis atau kelengkapan alat tulis dan kelengkapan penunjang belajar lainnya.

Ia juga menyebutkan, penyaluran dana Bagus langsung dari BPKD (badan pengelola keuangan daerah) kepada pihak sekolah melalui rekening UPTD Dinas Pendidikan se Kabupaten Natuna. Selanjutnya, pihak sekolah bersama UPTD Dinas Pendidikan membagikan dana tersebut ke seluruh siswa, beserta rincian rencana pengeluaran dana tersebut. Untuk mekanisme pemanfaatan dana ini diserahkan sepenuhnya kepada rapat komite sekolah. 

Besaran dana Bagus yang akan dikucurkan pada Oktober 2011 ini, berkisar Rp.9 miliar lebih. Dana tersebut akan dibagikan kepada seluruh siswa sekolah mulai dari SD, SLTP dan SLTA se Kabupaten Natuna tanpa merinci jumlah yang diterima. 

" Jumlah persisnya berapa yang diterima siswa, saya kurang tahu, namun dana Bagus sudah akan disalurkan setelah SK Bupati keluar," tandasnya.(leh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RSS FEED