NEGERI UJUNG UTARA

NEGERI UJUNG UTARA
PWI REFORMASI

Jumat, 16 September 2011

Penerapan E-KTP Mulai 2012



Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Natuna Marwan mengatakan, mulai tahun 2012 mendatang, Kabupaten Natuna akan menerapkan penggunaan KTP elektronik (e-KTP).
Saat ini, kata Warwan, Disdukcapil sudah melakukan persiapan seperti pemutakhiran data kependudukan dan sudah menyurati kecamatan-kecamatan untuk pemberitahuan penerbitan nomor induk kependudukan (NIK).
”Mulai tahun 2012 KTP elaktronik sudah mulai diterapkan kepada warga Natuna. Saat ini menunggu pelaksanaannya, persiapannya sudah dilaksanakan,” kata Marwan diruang kerjanya, Rabu (14/9).
Dari hasil pemutahiran data tersebut lanjut Marwan, jumlah pendudukan kabupaten Natuna terhitung pada 31 Desember 2010 tercatat sebanyak 75.561 jiwa. Sedangkan warga yang sudah wajib KTP berjumlah 51.541 jiwa.
”Data ini sudah melalui proses pemutakhiran. Seperti data ganda, warga yang pindah, meninggal dunia, sampai alamat tidak valid,” Marwan.
Menurut Marwan, penerapan e-KTP di Natuna terdapat beberapa kendala. Salah satunya terdapat beberapa kecamatan yang harus mendapat bantuan dari pemerintah daerah karena belum mendapat pelayanan listrik yang memadai sebagai penunjang pelaksanaan e-KTP.
Kecamatan tersebut, di antaranya Kecamatan Subi, Kecamatan Serasan Timur, Kecamatan Pulau Tiga dan Kecamatan Pulau Laut. Namun kendala tersebut dapat diatasi pemerintah daerah, dengan mengusulkan pengadaan genset.
”Kami sudah mengusulkan pengadaan mesin genset untuk Kecamatan tersebut sesuai edaran dari Mendagri. Yakni mensin genset harus berkapasitas minimal 5 KVA tahun anggaran 2012, nantinya ditempatkan di kantor camat masing-masing,” pungkasnya.Aulia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RSS FEED